Press "Enter" to skip to content

Tengah mendapat perawatan yang itensif, akhirnya pasien yang positive virus corona dinyatakan meninggal dunia

Sabtu tanggal 28 Maret 2020, Seorang pasien covid 19 di Kota Padang dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit  Semen Padang hospital (SPH). Pasien yang sebelumnya sudah di lakukan perawatan secara intensif oleh petugas medis tidak dapat menyelamatkan jiwanya dan  harus menghembuskan nafas terakhirnya.

Di kutip dari Langgam.id Ketua Harian Satuan Gugus (Satgas) Penanggulangan Covid-19 Kota Padang, Barlius mengatakan pasien positif yang meninggal pada pukul 10.00 WIB. Pihak rumah sakit juga sudah melakukan prosedur pemulangan jenazah. ,

Barlius membenarkan pasien yang berjenis kelamin perempuan yang dirawat tersebut positive meninggal di rumah sakit Semen Padang setelah diumumkan terkonfirmasi positive covid 19 pda hari Jumat (27/03/2020). Ia juga menambahkan “bahwa pasien yang meninggal ini  bukanlah petugas medis, tapi petugas medis itu masih menjalani perawatan di RSUP M Djamil.

Barlius mengungkapkan semua prosedur penanganan jenazah sesuai standar operasional prosedur. Jenazah pasien akan dibungkus dan dimasukkan ke peti kedap.

“Prosedur sudah ada, semua diselanggarakan di rumah sakit, mulai salat, dikafani, dibawa ke rumah duka tinggal dimakamkan lagi. Tidak boleh dibuka. Pemakaman juga akan berlangsung jauh,” tegasnya.

Satgas Penanggulangan Covid-19 Kota Padang akan memantau proses pemakaman yang dibantu pihak rumah sakit. Para petugas nantinya juga akan dilengkapi alat pelindung diri (APD).

“Keluar dari rumah sakit langsung di pemakaman. Tidak ada buka-buka jenazah lagi, karena sudah disalatkan. Petugas medis yang membawa dengan perlengkapan APD lengkap. Kami mengamati dari jauh nanti,” tuturnya.

Data pasien positif Covid-19 yang meninggal tersebut juga sudah dimuat Pemko Padang di situs resminya.(*)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.