Press "Enter" to skip to content

Puluhan rumah terendam banjir dan 6 rumah rusak akibat abrasi di Pantai air manis

Akibat gelombang pasang dan cuaca yang ekstrim akhir – akhir ini mengakibatkan sebanyak 6 unit rumah yang berada di kawasan pesisir Pantai Air Manis Kecamatan Padang Selatan Kota Padang rusak usai diterjang ombak yang mengakibatkan puluhan rumah yang terendam air laut.

Mendapat laporan tersebut, Personil dari Polsek Padang Selatan bersama Koramil Padang selatan langsung mendatangi lokasi untuk memberikan bantuan.

Berbekal dengan tenaga dan alat seadanya petugas secara bersama sama membantu masyarakat yang kena dampak Abrasi sepanjang pantai itu.

Kapolsek Padang Selatan AKP Ridwan, S.Ag, MH langsung berkoordinasi dengan BPBD Provinsi untuk meminta bantuan penanggulangan sementara.

Dari hasil pantauan, rata-rata rumah warga yang hancur tersebut bukanlah rumah permanen yang terbuat dari batu bata, melainkan dari bahan yang non permamen seperti triplek dan GRC dan sebanyak 24 kepala keluarga teekena musibah bencana.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk dapat memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah abrasi” ungkap Ridwan.

Keterangan warga setempat peristiwa tersebut adalah musiman tahunan satu kali enam bulan gelombang air pasang. Abrasi juga proses pengikisan pantai oleh gelombang laut dan arus laut.

Menurut laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur, Sumatera Barat bahwa pihaknya telah memperkiraan pasang surut air laut ini akan mencapai ketinggian 9 meter.

Kapolsek Padang Selatan AKP Ridwan, S.Ag.MH memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah. Bantuan tersebut di terima langsung oleh warga melalui Lurah Air Manis Z. Effendy.

Lurah Air Manis mewakili warga air manis menyampaikan banyak terima kasih kepada Kapolsek Padang Selatan AKP Ridwan, S.Ag MH beserta anggota Polsek Padang Selatan beserta Danramil 03 Padang Selatan Mayor Inf Feri Handra yang telah membantu warga Air Manis yang kena dampak Abrasi ini.

Petugas menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar berhati-hati karena cuaca pada saat ini sangat ekstrim.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.