Press "Enter" to skip to content

Latih Operator TMC (Traffic Management Center), Korlantas Mabes Polri datangi Polresta Padang

Tidak lama lagi, Traffic Management Center (TMC) yang berfungsi untuk memantau kondisi lalu lintas serta kejadian lain di wilayah hukum Polresta Padang, akan segera di fungsikan.

Bagi para pengendara bersiap -siap bagi yang melanggar peraturan berlalu lintas akan ditindak tegas, untuk menjalankan TMC tersebut para petugas yang akan berjaga langsung dilatih oleh Korlantas Mabes Polri yang langsung datang dari Jakarta.

Hasil dari pantauan pada Selasa (20/10) terlihat Perwakilan Korlantas Mabes Polri yang dipimpin oleh AKBP Dhafi langsung melatih sekitar 10 personil Satlantas Polresta Padang untuk mempergunakan Traffic Management Center (TMC).

AKBP Dhafi pejabat pembuat komitmen Korlantas Mabes Polri mengatakan, untuk tiga hari ini petugas yang akan menjalankan Traffic Management Center (TMC) dilatih.

“Operator satlantas Polresta Padang akan kita ajarkan bagaiman cara memakainya, TMC tersebut berguna memantau semua aktifitas para pengendara di Kota Padang, disana juga alat tersebut akan memantau pelanggaran berlalu lintas, “ungkapnya.

Alat ini tersambung dengan pusat, jadi apa yang dilihat bisa juga diakses dipusat, siap -Siap para pengendara yang melanggar akan ditindak tegas, seperti tidak memakai helem, tidak memakai sabut, main hp ketika berkendara.

“Saya berharap dengan adanya alat ini, pengendara di Kota Padang taat dalam peraturan berlalu lintas, “ujarnya.

Kapolresta Padang AKBP Imran Amir, S.I.K.,M.H. didampinggi oleh Kasat Lantas AKP Sukur Hendri Saputra, S.I.K mengatakan, Traffic Management Center (TMC) yang berguna memantau kondisi lalu lintas serta kejadian lain di wilayah hukum Polresta Padang.Fasilitas TMC Polresta Padang ini berada di Satpas SIM Polresta Padang yang merupakan bangunan mushala lama yang saat ini telah di pindahkan ke depan Mako Polresta Padang.

“Semua CCTV tersebut kami kendalikan dari TMC ini, sehingga kami bisa mengetahui secara riil kondisi arus lalu lintas atau jika ada kejadian misalkan kecelakaan di persimpangan akan mudah dipantau, sekaligus menjadi pemantauan pelanggan” ujar Kapolresta urang Padang tersebut.

Disebutkan AKBP Imran Amir , ada 10 titik persimpangan yang dipasang CCTV yang berfungsi sebagai monitoring berupa keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas.

Sementara itu lima titik yang dipasang CCTV akan terapkan Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) atau e-tilang.

“Sebanyak 10 titik CCTV yang melakukan monitoring Kamseltibcar yaitu Simpang Polresta, Simpang Mandiri, Simpang Ulak Karang, Simpang Borobudur, Simpang Olo Ladang, Simpang Alai, Simpang Hang Tuah, Simpang By pass Lubeg, Simpang By pass Ketaping, Simpang Kampung Lalang,” ujarnya.

Sementara itu, lima titik persimpangan yang akan menerapkan e-tilang yaitu Simpang DPRD, Simpang Ujung Gurun, Simpang Bank Indonesia, Simpang Lamun Ombak, dan Simpang Jam Ria.

“Pada lima titik yang menerapkan e-tilang ini nantinya akan memakai kamera khusus yang sudah memiliki spesifikasi yang layak untuk mendukung e-TLE, dan akan menerapak tilang elektronik kepada pelanggar berupa pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara yang menggunakan Handphone (HP), serta perputaran arah (U turn) Simpang BI,” lanjut AKBP Imran Amir.

Diharapkan, Imran, dengan adanya TMC yang menurut rencana akan diresmikan dalam waktu dekat ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Khusus bagi kepolisian dengan adanya TMC dapat membantu dalam memantau kondisi lalu lintas hanya dengan melalui layar monitor.

“Mudah mudahan warga Kota Padang, taat terhadap aturan berlalu lintas, untuk warga Kota Padang patuhilah peraturan berlalu lintas jangan sampai ditindak tegas, “ungkapnya

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.