Press "Enter" to skip to content

Bagi pemohon SIM yang gagal, Polresta Padang gulirkan program belajar gratis

Padang-Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menggulirkan program belajar gratis bagi masyarakat yang hendak membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) di kota setempat.

“Melalui program belajar gratis ini kami berupaya untuk menciptakan kepatuhan serta ketertiban berlalu lintas di Kota Padang,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Padang AKP Alfin di Padang, Kamis.

Ia mengatakan program yang diperuntukkan bagi pemohon SIM A maupun C itu dibagi menjadi dua bagian yakni pemberian teori kemudian praktik berkendara.

Teori yang diberikan kepada masyarakat adalah materi-materi tentang aturan lalu lintas, pengenalan rambu-rambu serta markah jalan hingga ujian materi.

“Untuk pemberian materi kami laksanakan dengan dua mekanisme yaitu secara tatap muka atau secara dalam jaringan (daring), pemohon bisa memilih,” jelasnya.

Alfin menerangkan pemberian materi dibuka dari Senin hingga Sabtu dengan jam pelayanan mulai pukul 11.00 WIB sampai 13.30 WIB.

Sementara untuk uji praktik kendaraan, lanjutnya, dilaksanakan setiap Senin-Rabu mulai dari pukul 13.00 WIB sampai pukul 14.30 WIB.

“Uji praktik akan dikawal oleh personel kami secara langsung, kendaraan serta komponen yang diperlukan untuk ujian juga kami yang menyediakan,” jelasnya.

Ia mengklaim sejak diefektifkan pada awal Februari, program belajar gratis tersebut sukses menuai respon yang positif dari masyarakat.

Berdasarkan catatan Satlantas Polresta Padang diketahui dalam satu hari rata-rata ada 20 orang yang mengakses untuk SIM C, dan 15 orang untuk pemohon SIM A.

Alfin mengatakan program yang digulirkan itu demi meningkatkan pemahaman, pengetahuan serta kesadaran pengendara tentang aturan berkendara dan lalu lintas.

“Ketika pengendara telah memiliki pengetahuan yang cukup akan aturan maka diharapkan ketertiban dan keamanan berlalu lintas bisa terwujud, sekaligus untuk menekan angka kecelakaan,” jelasnya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.