Press "Enter" to skip to content

Jual bebas obat keras, Polresta Padang tindak Apotek di Terandam. Polisi : Terkait penemuan janin bayi

Penemuan janin bayi di Muara sungai samping hotel Pangeran Beach Hotel Padang, Polresta Padang langsung bergerak cepat menindaklanjuti pengaduan dari masyarakat tersebut.

“Mayat janin bayi yang ditemukan diperkirakan berumur enam bulan dan patut diduga kuat ini adalah hasil aborsi dari hubungan gelap dan terlarang oleh pelaku”, ujar Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap, Selasa (28/2/2023).

Atas temuan itu, kemudian jajaran Satreskrim Polresta Padang melakukan penyelidikan atas dugaan kenapa janin bayi ini bisa digugurkan atau dikeluarkan.

“Tentu nya patut diduga akibat obat-obatan penggugur kandungan,” kata Kapolres.

Atas berbagai informasi yang dikumpulkan didapat informasi bahwa obat-obatan ini banyak dijual bebas di apotek di daerah Terandam.

“Akhirnya jajaran Satreskrim Polresta Padang melakukan undercover buy di apotek FF di daerah Terandam dan ternyata begitu mudah obat-obatan ini didapatkan,” ujar Kapolres.

Untuk itu Polresta Padang telah mengamankan dua orang, yaitu S pemilik apotek FF dan NL sebagai penjual penjaga toko, serta disita berbagai obat-obatan yang diduga dapat mengugurkan kandungan, ada juga obat-obat keras, obat dalam daftar J yang diduga dijual bebas tanpa ijin.

“Diduga apotek lain diseputar Terandam ada juga yang melakukan hal serupa namun karena sudah mengetahui ada proses pengamanan di apotek FF sehingga diduga apotek lain sudah mengeluarkan atau menyembunyikan obat-obatan sejenis sehingga saat ini kami cuma berhasil menindak satu TKP,” ujar Kapolres.

Kepada dua orang ini akan kenakan Undang-Undang Kesehatan nomor 36 tahun 2009 yang ancaman nya maksimal 15 tahun penjara.

“Kami berharap jajaran yang berwenang dalam pengawasan obat seperti BPPOM dan Kemenkes atau Dinas Kesehatan untuk lebih ketat dalam melakukan pengawasan penjualan obat-obat keras dan apotek yang tidak berijin. Kita semua akan bersenergi termasuk dengan kepolisian,” pungkas Kombes Ferry.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.