Press "Enter" to skip to content

Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2024, Wakapolda Sumbar : Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat

TBNews Sumbar – Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sumatera Barat Brigjen Pol Gupuh Setiyono memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi ketupat Singgalang 2024, Rabu (3/4/2024) di lapangan Imam Bonjol Padang.

Apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2024 dilaksanakan secara serentak di seluruh indonesia.

Untuk di wilayah Sumatera Barat, Operasi terpusat ini diberi sandi “Operasi Ketupat Singgalang 2024”.

Amanat Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang dibacakan oleh Wakapolda Sumbar mengatakan, Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2024, sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-POLRI dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idulfitri 1445 H.

Berdasarkan survei indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5% atau meningkat 15,7% dibanding tahun 2022. Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras kita bersama yang Harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini.

Sinergisitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan hari raya idulfitri tahun lalu.

Sementara itu, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono usai apel gelar pasukan mengatakan, untuk personel Polda Sumbar dan jajaran yang dilibatkan dalam operasi ini sebanyak 2.545 personel.

“Untuk personel Polda Sumbar yang dilibatkan dalam operasi ini sebanyak 308 personel dan sebanyak 2.237 personel berasal dari Polres jajaran.

Lebih lanjut Wakapolda mengatakan, untuk pos yang tergabung instansi terkait sebanyak 2.187 pos, untuk pos Polda sumbar sendiri sebanyak 91 pos, pos pengamanan sebanyak 42 pos, dan pos pelayanan sebanyak 45 pos serta untuk pos terpadu sebanyak 4 pos yang diantaranya di BIM, Cimpago, Jam gadang Bukittinggi dan di Pasar Payakumbuh.

Berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023. Dalam hal ini Polda sumbar telah mengantisipasi dengan menerapkan one way sistem sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Ditlantas Polda sumbar dan instansi terkait lainnya.

Untuk one way sistem dimulai tanggal 7 s/d 15 April 2024, dengan waktu dimulai dari pukul 12.00 wib sampai dengan jam 17.00 sore.

“Dengan diterapkannya one way sistem ini, mudah-mudahan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi saudara-saudara kita yang melaksanakan mudik ke wilayah Sumatera Barat,” ujar Wakapolda sumbar.

Brigjen Pol Gupuh juga berpesan kepada personel agar laksanakan tugas dengan baik, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat seperti yang disampaikan dalam amanat bapak Kapolri.(*)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.